Cegah Inflasi Dari Cabai, Gubenur Galakkan Tanam Serentak

Cegah Inflasi Dari Cabai, Gubenur Galakkan Tanam Serentak

Rakyatbicara.com, BATUBARA- Tingginya harga cabai merah pada akhir tahun lalu menjadi penyumbang laju inflasi di Sumatera Utara (Sumut) hingga mencapai enam persen. Komoditi pertanian itu menyumbang hingga empat persen. Karenanya gerakan tanam serentak dianggap mampu mengurangi resikonya.

Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berperan khusus dalam penanaman bawang merah dan cabai merah di Batubara untuk tahun ini. Alokasi anggaran dalam pengembangan kawasan bawang merah seluas 10 hektar dan cabai merah seluas 55 hektar. Diharapkan bantuan tersebut dapat menjaga stabilitas harga dua kebutuhan masyarakat itu.

Diakui Erry, pada tahun lalu Sumut sempat dipusingkan dengan tingginya angka inflasi yang hampir mencapai enam persen, dimana empat persen diantaranya disumbang tingginya harga cabai.

“Kami sangat berterimakasih kepada Bupati Kabupaten Batubara yang bisa memberikan dorongan kepada petani untuk bisa menanam cabai. Mudah-mudahan kedepan cabai tidak menyumbagkan inflasi lagi untuk Sumut,” harap Erry saat kunjungan ke Kabupaten Batubara awal pekan lalu. (rb01)

COMMENTS