Gerakan Tanam Serentak, Bupati Serius?

Gerakan Tanam Serentak, Bupati Serius?

Rakyatbicara.com, BATUBARA- Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain mengapresiasi gerakan tanam padi serentak di kabupatennya. Meskipun saat ini produksi padinya sudah mencukupi untuk masyarakat setempat, namun diharapkan kedepan gerakan ini semakin meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain padi, kata OK Arya, Batubara juga sedangkan mengembangkan cabai dan bawang merah. Saat ini katanya, daerah ini melakukan pengembangan sebesar 960 hektar yang tersebar di tiga kecamatan.

Untuk cabai ini pemasarannya mencapai Riau, Jambi dan Sumbar. Sedangkan Bawang merah pada 2016 lalu telah dilakukan pengembangan dilahan 40 hektar dari sebelumnya pada 2013 hanya dua hektar.

“Untuk tahun ini fokus pembibitan untuk lahan 100 hektar. Selain itu juga kita juga mengembangkan semangka di lahan 150 hektar. Produksinya 10 ribu ton per hektar. Petanaman semangka dan bawang dimanfatkan masa sela tanaman padi,” ujar Arya kemarin.

Disamping pertanian katanya, Batubara juga menjadi sentra produksi ternak sapi dengan jumlah 38 ribu ekor dan terbesar keempat di Sumut. (rb01)

COMMENTS