Harga Ikan di Medan Belum Turun

Harga Ikan di Medan Belum Turun

Rakyatbicara.com, MEDAN – Para pembeli di pasar tradisional di Kota Medan mengeluhkan tingginya harga ikan yang belum juga turun sejak akhir tahun lalu. Padahal, banyak yang mengira kondisi ini akan bertahan hingga akhir Januari 2017 saja.

Seperti dikeluhkan seorang warga pembeli di Pasar Tradisional Simpang Limun Medan, Widya (39), harga jual ikan jenis Kembung yang bisasanya Rp28 ribu per kilonya, kini masih betah berada pada kisaran harga Rp38ribu per kilo. Begitu juga dengan yang lainnya seperti Tongkol, Dencis, Caru dan udang belum juga turun.

Para pedagang juga mengeluhkan menurunnya minat pembeli karena faktor harga tinggi. Meskipun untuk omset atau penghasilan per harinya tidak begitu signifikan berbeda dibandingkan jika harga turun atau normal.

“Heran juga kita, biasanya awal bulan dua (Febdurari) sudah turun harga ikan, normal. Tetapi nggak tahu kenapa ini, masih mahal. Banyak juga yang menurun, biasanya orang beli satu sampai dua kilo, sekarang ini hanya setengahnya saja,” ujar seorang pedagang ikan di kawasan pasar tersebut..

Sama halnya seperti pedagang ikan di Pasar Tradisional Petisah, mereka menyebutkan harga ikan laut yang merangkak naik terjadi pada ikan Dencis Rp30 ribu perkilo dari sebelumnya Rp25 ribu per kg. Begitu juga dengan ikan nila, dari Rp22 ribu per kg menjadi Rp27 per kg. Tak hanya itu, harga udang juga turut naik menjadi dari Rp60 ribu menjadi Rp65 ribu per kg.

Menurut seorang pedagang, Rambe, mahalnya harga ikan karena stok ikan di Belawan menipis akibat cuaca kurang baik. Termasuk juga karena kondisi terang bulan menyebabkan hasil tangkapan nelayan berkurang.

“Nggak tahu kita kenapa masih mahal. Tetapi memang banyak yang dating dari luar Kota Medan, makanya jadi mahal. Ongkosnya kan lebih banyak,” sebutnya. (rb01)

COMMENTS