Mantan Kapolda Tanya Syarat Pencalonan Pilgub

Mantan Kapolda Tanya Syarat Pencalonan Pilgub

Rakyatbicara.com, MEDAN – Mantan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol (purn) Wisjnu Amat Sastro mendatangi Kantor KPU Sumut di Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Jumat (21/7).

Wisjnu mengaku kedatangannya untuk mempertanyakan persyaratan yang harus dipenuhi agar maju sebagai bakal calon di Pilgub Sumut 2018 mendatang, melalui jalur independen.

“Saya ingin mempertanyakan langsung mengenai persyaratan untuk maju lewat jalur independen. Supaya tidak salah, sehingga nanti saya tau apa yang harus saya persiapkan,” katanya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Dirinya menjelaskan, saat ini ia dan timnya terus mempersiapkan diri sebelum tahapan pendaftaran bakal calon di KPU dimulai. Fokus mereka kini, mengumpulkan dukungan suara dari masyarakat di seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara.

“Saya sedang berupaya mengumpulkan sekitar 750 ribu dalam bentuk KTP. Dan sebarannya harus lebih dari 50 persen dari jumlah total kabupaten/kota yang ada, begitu juga ditingkat kabupaten harus lebih dari 50 % sebarannya,” ujarnya.

Meski sedang fokus mempersiapkan diri lewat jalur independen, Wisjnu mengaku tidak menutup diri untuk maju lewat jalur partai. Untuk itu, ia akan mengambil formulir pendaftaran ke tim penjaringan PPP dan ke tim penjaringan PDI Perjuangan.

“Mana tau elektabilitas saya membuat mereka tertarik, kita siap juga,” sebut Wisjnu. (rb01)

COMMENTS