Perwakilan Tiongkok Tertarik ke Danau Toba

Perwakilan Tiongkok Tertarik ke Danau Toba

Rakyatbicara.com, MEDAN – Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Medan Sun Ang menyampaikan ketertarikannya kepada pariwisata di Sumatera Utara (Sumut) khususnya Danau Toba. Hal itu diungkapkannya kepada Gubernur Sumut HT Erry Nuradi beberapa waktu lalu.

Sun Ang sendiri mengaku banyak mendengar tentang kehebatan dan keindahan Danau Toba dari berbagai sumber informasi. Apalagi saat ini,kawasan tersebut menjadi Kawasan Strategis Nasional (KSN) dari segi pariwisata. Sehingga berbagai pengembangan terus dilakukan termasuk promosi oleh Pemerintah 7 kabupaten se-kawasan.

Sebagai Konjen RRT yang baru bertugas di Medan, Sun Ang mengaku tertarik dan akan mengunjungi kawasan pariwisata Danau Toba. Sebagaimana diketahui, danau supervolcano itu menjadi destinasi wisata utama pemerintah pusat. Karenanya segala upaya dilakukan untuk bisa mendatangkan wisatawan khususnya mancanegara.

Dalam hal ini, Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi terus mengkampanyekan keindahan dan kekayaan budaya serta sejarah yang ada di tujuh kabupaten tersebut. Begitu juga dengan perhatian pemerintah pusat baik dari segi pembangunan kawasan pariwisata dengan membantuk Badan Otorita khusus (BODT), maupun dengan membangun infrastruktur pendukung sperti jalan, jembatan, jalur tol sampai jalur Kereta Api dari Medan hingga Danau Toba.

“Di bidang perdagangan, saya berharap hubungan perdagangan dapat terus ditingkatkan. Sedangkan bidang kerjasama investasi, cukup banyak investor asal Tiongkok yang ingin berinvestasi, saya berharap semua investor yang akan berinvestasi di Sumut itu sudah melapor ke Konjen RRT di Medan,” katanya.

Berbagai kesempatan, Erry juga terus mengkampanyekan kepada para tamu yang datang dari luar Sumut untuk bisa mengunjungi kawasan Danau Toba. Begitu juga akses menuju daerah dataran tinggi itu, disampaikannya bahwa saat ini sarana transportasi sudah sangat mudah, yakni menggunakan jalur udara, menuju Bandara Silangit dan Sibisa. Sedangkan jalur darat, diprediksi awal tahun depan, jalur tol Medan-Tebing Tinggi sudah beroperasi dan mengurangi waktu tempuh hingga satu jam lebih. (rb01)

COMMENTS