Sinabung Kembali Muntahkan Awan Panas, Warga Sekitar Di Minta Waspada

Sinabung Kembali Muntahkan Awan Panas, Warga Sekitar Di Minta Waspada

Rakyatbicara.com, MEDAN -Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, Gunung Sinabung kembali erupsi, Kamis (20/7/2017) pukul 07.20 WIB. Tinggi kolom abu vulkanik yang dihasilkannya mencapai ketinggian 3.500 m disertai guguran lava sejauh 1.000 m kearah Selatan.

“Lama Gempa erupsi 386 detik. Angin bertiup sedang kearah Barat-Barat daya,” ungkapnya.Sutopo menjelaskan, aktivitas Vulkanik Gunung Sinabung masih tinggi. Statusnya saat ini berada di level IV (Awas).Untuk itu, Sutopo mengatakan, masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur dari puncak Gunung Sinabung.

Masyarakat yang beraktivitas dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar hujan. Mengingat telah terbentuk bendungan alam di hulu Sungai Laborus, maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap waspada karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air, sehingga berpotensi mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir.

“BPBD Kabupaten Tanah Karo segera melakukan sosialisasi ancaman bahaya lahar hujan/banjir bandang ini kepada penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus,” pungkasnya. (rb03)

COMMENTS