Terkait Taksi Online Dishub Sumut Buka Kesempatan Perusahaan Mendaftar

Terkait Taksi Online Dishub Sumut Buka Kesempatan Perusahaan Mendaftar

Rakyatbicara.com, MEDAN – Dengan dilegalkannya keberadaan angkutan berbasis aplikasi beroperasi di Medan-Binjai-Deliserdang-Karo (Karo) oleh Dinas Perhubungan Sumatera Utara (Dishub Sumut), masih banyak pengendara taksi online yang keberatan atas besarnya iuran yang harus dibayarkan kepada perusahaan pemilik izin operasional. Namun untuk hal itu, sudah menjadi keharusan sesuai Permenhub PM 26/2017.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Sumut, Iswar mengatakan pihaknya akan terus menggelar razia penertiban keberadaan taksi online yang tidak memiliki izin operasional atau memiliki payung hukum atau ilegal. Hal itu dilakukan agar semua angkutan sewa khusus (ASK) bisa beroperasi dengan dengan lancar.

“Ya bagi yang tidak memenuhi atura, tentu aka nada sanksi kita berikan. Kita kan menjalankan aturan sebagaimana seharusnya. Meskipun tentu kita tahu, ada yang masih belum mengikuti regulasi yang ada,” sebutnya, Jumat (4/8).

Sementara untuk perizinan dimaksud, Iswar menegaskan bahwa di luar dari lima perusahan yang kini sudah terdatar dan memiliki izin, masih diperbolehkan bagi yang lainnya untuk mendapatkan legalitas yang sama melalui mekanisme yang ada.

“Kita terbuka untuk siapa saja (perusahan atau koperasi) yang mau mendaftar. Saat ini saja, ada yang sedang kita proses permohonan perizinannya. Jadi bukan ditunjuk, tetapi mereka yang mendaftar dan memperoleh izin,” katanya.

Sedangkan soal iuran yang dipatokkan perusahaan angkutan kepada pengendara ASK, dirinya menganggap hal itu lumrah karena meskipun banyak yang keberatan dengan syarat tersebut, tetap saja banyak juga yang mendaftar dan mematuhi regulasi pemerintah. Apalagi iuran tersebut, diatur secara internal oleh perusahaan yang bersangkutan.

“Persoalan iuran, ya itu kan bisa saja bagi perusahaan. Kalau memberatkan, kenapa ada juga yang mendaftar. Begitu aturannya silahkan dijalankan, sebagaimana kita juga menjalankan regulasi,” sebutnya. (rb01)

COMMENTS