Wagub Minta Investasi Asing Ke Daerah Terpencil

Wagub Minta Investasi Asing Ke Daerah Terpencil

Rakyatbicara.com, MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Hj Nurhajizah Marpaung menerima kehadiran delegasi legislatif/DPRD Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Kunjungan tersebut dalam rangka menindaklanjuti dan meningkatkan kerjasama antar daerah antar Negara.

Delegasi Hubei dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD  Hongyu Zhou yang diikuti para anggota DPRD Hubei beserta serta pimpinan Bagian Kerjasama Luar Negeri Pemprov Hubei Ma Aiguo. Sementara Wagub didampingi Kepala Biro Otda Kerjasama Basarin Tanjung, mewakil Kadis Kominfo Azis Batubara dan Parlin mewakili Biro Pemerintahan Umum.

Kehadiran delegasi DPRD Hubei tersebut menurut Hongyu Zhou dalam rangka pembahasan tindak lanjut kerjasama kedua belah pihak terutama pada tiga poin penting.  Yaitu pertama tindak lanjut MoU Pemprov Sumut dan Hubei yang ditandatangani setahun lalu oleh gubernur masing-masing, kedua kerjasama DPRD kedua belah pihak dan ketiga memperluas pertukaran budaya Tiongkok dan Indonesia .

Seperti diketahui telah adanya kunjungan dan kesepakatan antara Presiden RI dan RRT. Dalam pemerintahan Jokowi selama dua tahun terakhir telah melakukan kunjungan ke Tiongkok sebanyak tiga kali dan lima kali pertemuan  dengn Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Kedua kepala negara mencapai kesepakatran penting dalam mempromosikan kerjasama.

Maka kesepakatan kedua pimpinan negara itu kemudian ditindaklanjuti oleh Provinsi Hubei dan Pemprov Sumut. Pada tahun 2016 lalu, Gubernur Sumut H T Erry Nuradi sukses memimpin rombongan ke Provinsi Hubei dan menandatangani nota kesepahaman (LoI) pembangunan kerjasama dan persahabatan antara ke dua provinsi. Ia juga mencapai serangkaian konsensus kerjasama di bidang pembangunan MRT, jalan tol dan infrastruktur lainnya.

Bersama dengan itu investor asal negeri tirai bambu itu, Sunrise dalam waktu dekat ini juga akan berinvestasi di Sumatera Utara membangun rumah sakit dan super block serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang rencananya berlokasi di Kota Medan, Serdang Bedagai dan Nias. Pihak Hubei berharap adanya dukungan lebih lanjut dari pemerintah lokal untuk pembangunan tersebut.

Menanggapi itu, Wagub Nurhajizah mangatakan pihaknya juga berkeinginan agar kerjasama dua belah fihak dapat dilaksanakan secepatnya dan saling menguntungkan. Dia mengatakan, kerjasama pembangunan infrastruktur terutama di Nias sangat dibutuhkan dan mendesak dalam rangka memenuhi kebutuhan   masyarakat. “Kami dengan tangan terbuka akan mendukung investasi di daerah ini yang akan berdampak positif bagi perekeonomian daerah,” kata Nurhajizah. Dia menyampaikan harapannya agar investasi bisa diarahkan di kawasan terpencil seperti Nias yang masih membutuhkan. (rb01)

COMMENTS